Thursday, January 31, 2013

Belajar SEO Yang Baik dan Mendapatkan Page Rank

Bismillahirrahmanirrahim.

14 Desember 2012.
Berawal dari iseng-iseng browsing di "Mbah Google" untuk mencari artikel tentang macam-macam "Surat Undangan" untuk sahabat saya, akhirnya saya menemukan sebuah Blog yang menyajikan banyak macam-macam contoh undangan yang dia (sahabat) perlukan. Dari sana kekaguman dan rasa penasaran saya pertama kali melihat sebuah Blog yang begitu lengkap artikelnya dan saya pun melanjutkan browsing setiap hari "hanya" mencari cara untuk  "Membuat Blog". Keinginan membuat sebuah Blog begitu kuat dalam diri saya, namun ketika bertemu dengan yang namanya SEO sayapun dijadikan Stess olehnya.

18 Desember 2012.
Setelah beberapa hari serius membaca dan mencatat artikel tentang cara membuat Blog yang baik, akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk membuat Blog yang keren. Horeee.... !!! hatiku riang gembira, saya merasa hebat saat itu. Ternyata saya ndak kalah dengan mereka, jika mereka bisa membuat kenapa saya tidak...??? Nafsu makan sayapun bangkit lagi, sekarang ndak 1 mangkok bakso, tapi 2 mangkok. Itu karena saking semangatnya saya ingin mempunyai sebuah Blog yang keren dan "Wah".

21 Desember 2012.
Alhasil .....Blog sayapun jadi tapi "Kerangkanya Saja" yang 100% asli bawaan dari Blogspot dan ndak ada apa-apanya. Tak satupun artikel yang yang saya tulis, ahh..gampang lah ... cuma ngetik saya jagonya. Saya ndak kuatir tentang artikel, kalau kehabisan materi kan bisa copy paste.... pasti beres. Saya Browsing lagi ... mata saya ndak kedip sama sekali ketika ada Blog yang salah satu artikelnya dikasih judul (kira-kira gini): " KEGAGALAN SEORANG BLOGGER PEMULA " saya panik, segelas air putih membasahi tenggorokan saya. Kenapa harus ada kegagalan di dunia Blogger..? 

22 Desember 2012
Tak sampai disitu, saya lanjutkan membaca artikel lainnya tentang Alexa, SEO, Script (saya lebih seneng nyebut kode), Page Rank, Backlink dll ...buanyaak pokoknya. Kok pakai ginian segala... apa pengaruhnya? Yang penting artikel saya nanti kan bisa dibaca sama pemirsa..?? (dalam hati saya). Saya terkejut ketika "Mengisi Buku Tamu" di Blog yang sering saya kunjungi  itu, karena ditolak dan harus memasukkan URL. Lah....URL saya apaan yah? Cara buatnya gimana? Hmm ..... Saya "pura-pura bego" menghadapi ini semua. Padahal saya "Hanya tidak tahu" saja, kan beda sama bego :D

23 Desember 2012
"Mas...nanti sore kesini. Penting, awas kalau ndak datang" itu sms saya kepada seorang kawan (kakak kelas) SMU di kampung. Kawanpun datang dan menanyakan keperluan saya. 
"Onok opo seh Ndah...kok rasane serius..?" tanya kawan saya
"Iki loh..aku gawe Blog .... keren ndak Mas..? jawab saya
"Hahahah ....... piye toh, iki dudu' Blog Ndah-ndah. Nek arep gawe Blog yo sing apik sisan, ojo nanggung ngono...parah kowe Ndah. Wes ora onok apa-apane..... modyar kono Ndah" kawan sayapun ngomel
"Lah...kuwi kan podo wae toh Mas... ???" sahut saya
"Iyo seh ..... ngendi wes, tak gawek ne. Tapi ojo lali "sandingane" pinta kawan saya
Sayapun pergi ke warung depan rumah membelikan sebungkus rokok dan buatin kopi untuk kawan saya. Saya duduk di sebelahnya yang asyik klak klik mouse, dan saya hanya bisa bengong melihat kawan saya yang sedang menyempurnakan Blog saya. Akhirnya sayapun di ajarin cara posting artikel, buat buku tamu, mengubah design, cara memasukkan kode di template dan semua tentang tekhnik membuat Blog.

29 Desember 2012
Tak hanya sampai disini perjuangan berat saya membuat Blog yang "Cantik" ini, masih ada perjuangan yang menurut saya sulit untuk mendapatkannya. Apa itu ...? sebetulnya ini sudah menjadi tradisi di dunia Blogging dan kawan-kawan pun pasti tahu. Itu loh..... "TUKERAN LINK". Menurut saya pribadi hal itu sangat sulit, kenapa..? Katanya SEO, tukeran link itu bisa membuat Blog kita bisa "Keren" bener ndak sih ? tapi sampai saat ini pun ada beberapa lamaran saya untuk tukeran link tidak pernah ada jawaban. Apa mereka "Sangat sibuk" yach ...heheheh :D atau Blog saya ini masih kurang keren kali yach :(

01 Januari 2013
Alhamdulillah..... Blog sayapun sudah jadi dan "Saya Resmikan" dengan ritual dan selamatan ala kadarnya. Meski hanya ada 2 artikel dan Buku Tamu. Saya nekat  berkunjung (Blogwalking) ke tetangga yang punya Blog. Sedikit basa basi dan "Ngemis" kepada blog yang saya kunjungi, saya berharap tuan rumah bersedia "Tukeran link" dengan saya. Syukur Alhamdulillah ..... banyak juga yang iba dengan "Rayuan Maut Saya" dan terbukti sudah lebih dari "40 Blog Elegant dan Profesional" terpampang di Blog List saya, tuh disebelah kanan. Mereka para jagoan, master Blogging dan bisa dihandalkan Ilmunya. (Ini jujur dan bukan rayuan lho..). 

31 Januari 2013
Sudah 1 bulan usia Blog ini, dan masih banyak yang perlu saya benahi. Banyak sekali kekurangan-kekurangan disana sini yang menjadikan Blog ini tidak "Dilirik" oleh para maestro Blogger, tapi ndak apa-apa lah, yang penting saat ini ada sahabat-sahabat terbaikku yang selalu menghibur saya lewat komentar dan buku tamu. Ini merupakan keikhlasan dari pengunjung Blog ini, semoga Allah membalas amal ibadah anda.  Untuk itu " Ajari saya Belajar SEO Yang Baik dan Mendapatkan Page Rank " 

** Hanya sebuah cerita dari catatan kecilku **
dan mohon maaf yang tidak bisa bahasa jawa, mungkin nantinya ada komentator yang "meng-translate" . heheh :)

No comments:

Post a Comment