Friday, January 18, 2013

Tips Agar Setiap Do'a Kita Dikabulkan Allah Swt

Bismillahirrahmanirrahim.

Tips ini saya peroleh dari sebuah pengajian kecil di salah satu pesantren di kampung saya, dan kebetulan isi dari pengajian tersebut bercerita tentang keutamaan sebuah do'a. Dan saya berkeinginan apa yang pernah saya dengar saya bagikan lewat catatan kecilku ini. Singkatnya, kita ndak bisa berdo'a lantas besoknya keinginan kita terkabul. Pasti ada proses dan penilaian tersendiri bagi tiap-tiap manusia. Emanknya kita Waliyullah ....? lah wong bangun jam 1 malam aja susahnya minta ampun...hehehe  :D

Perlu juga diketahui bahwa ada doa yang dikabulkan Allah secara langsung, ada doa yang akan dikabulkan ketika di akhirat nanti, serta ada pula doa yang diganti dengan kebaikan atau rejeki yang lain. Tentu harus difahami bahwa Allah swt mengetahui apa sebenarnya yang terbaik bagi hamba-Nya. Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya jika itu memang mendatangkan kemaslahatan dan bukan sekedar apa yang diinginkan oleh hamba-Nya.

Sebetulnya bisa sih setiap do'a atau permohonan kita kepada Allah pasti ( minimal di percepat lah :P ) di ijabah, tetapi kan ada "sesuatu" yang wajib di ketahui. Seperti apakah itu ?

1. Berdo'a di Baitullah. Tempat ini sangat istimewa bagi kita yang beragama Islam. Berdoa di tempat itu di anjurkan oleh Baginda Rasul seperti di dalam hadits nya : ”Multazam adalah tempat doa yang mustajab (terkabul), tidak seorang pun hamba Allah yang berdoa di tempat ini tanpa terkabul doanya.”.
Multazam adalah tempat di antara Pintu Kakbah dan Rukun Hajar Aswad. Secara harfiah Multazam bermakna tempat yang amat diperlukan. Tempat inilah yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat yang paling mustajabah untuk berdoa

2. Berdo'a di Masjid. Seperti kita ketahui masjid adalah rumah Allah, dan Setiap Muslim wajib menghormati dan memuliakan masjid karena kedudukannya sangat mulia disisi Allah Swt. Makanya dalam sebuah hadits menerangkan : “Apabila salah seorang daripada kamu masuk ke masjid, maka hendaklah dia melakukan rukuk (shalat) sebanyak dua rakaat sebelum dia duduk” (H.R. Bukhari-Muslim). Sesungguhnya shalat seseorang di dalam masjid dilebihkan dari shalat yang dilakukan di rumah  dengan 25 derajat atau 27 derajat begitu juga dengan kita berdo'a di dalamnya, karena sebuah do'a adalah ibadah.

3. Berdo'a di Sepertiga Malam.  Di antara doa yang mustajab (mudah diijabahi atau dikabulkan) adalah doa di sepertiga malam terakhir. Namun kita sering melalaikan hal ini karena waktu malam kita biasa diisi dengan tidur lelap. Cobalah kita bertekad kuat untuk mendapatkan waktu tersebut. Malamnya kita isi dengan shalat tahajjud dan memperbanyak do’a pada Allah atas setiap hajat kita.
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Mungkin ini dulu catatan saya kali ini tentang Tips Agar Setiap Do'a Kita Dikabulkan Allah Swt, semoga apa yang saya tulis disini menambah keimanan kita kepada Allah Swt. Amin

Semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment