Saturday, March 2, 2013

Belajar Masak Kangkung Ala Wong Ndeso

Bismillahirrahmanirrahim.

Sebetulnya saya paling ndak suka yang namanya "masak", jika Mak'e  menyuruh saya untuk membantu urusan dapur rasanya hati ini sangat "menderita". Apalagi kalau urusan dengan bumbu-bumbu dapur, lah wong kadang antara lengkuas sama jahe saya sering salah ambil. Mungkin saya termasuk wanita yang kurang tertarik dengan masak-memasak, bukannya saya ndak mau tau alias cuek, tapi saya trauma gara-gara dulu pernah kena minyak goreng panas.

Kalau pun saya di dapur itu cuma rebus air untuk diminum atau bikin kopi buat Bapak'e. kata Bapak'e kopi bikinan saya rasanya enak, ndak terlalu pahit dan ndak terlalu manis. Ndak encer juga ndak terlalu kental, pokok'e pas .... katanya gitu. Bukannya saya ndak pinter dalam hal masak-memasak terbukti saat ini saya paling jago goreng telur, goreng tempe atau tahu. Dan paling hebat lagi, saya sudah menguasai cara memasak Mie Instan dalam waktu yang singkat. Saya hebat kan ... !!!

Entah kenapa tiba-tiba tadi pagi saya berkeinginan sarapan dengan cah kangkung atau biasa disebut dengan tumis kangkung. Padahal Mak'e sudah membuat sayur sup untuk menu hari ini, dan sudah saya tebak Mak'e ngomel-ngomel ke saya. Katanya Mak'e kalau saya ingin tumis kangkung, saya disuruh belanja sendiri ke pasar. Mau ndak mau....saya kepasar berburu kangkung. Setelah saya rasa kebutuhan masak kangkung sudah lengkap sayapun pulang, dengan harapan Mak'e mau buatin cah kangkung untuk saya.

"Mak'e ...ini kangkungnya" kata saya
"Mbok ya kamu masak sendiri toh, moso wanita ndak iso masak" Mak'e ngomel lagi
"Iya iya ..Mak, resepnya apaan sih Mak?" tanya saya

Nah ini saya ingin berbagi tentang resep tumis kangkung ala saya. Hohoho...dijamin enak loh !! Resep khusus asli wong jawa + madura :


Bahan Bahan : 
1 ikat kangkung 
75 gr udang kecil kupas (ndak pakai udang ndak masalah)
2 siung bawang putih (bisa di tambah)
3 butir bawang merah
1 buah tomat dipotong 
2-3 buah cabai merah dipotong 
4 sdm air
2,5 sdm minyak
Ikan teri kecil (ebi) secukupnya itupun kalau ada.
1/2 sdt gula pasir
Garam secukupnya

** jika suka pedas kasih cabe 10 biji.
** Lebih asik kasih telur puyuh secukupnya
** Beri Saos tiram makin top markotop

Cara memasak:
pertama Tumis bawang Putihnya jangan sampai gosong, dan juga bawang merahnya hingga berbau harum kemudian Tambahkan udang kemudian masak hingga berubah warna lalu Tambahkan cabai yang sudah di potong potong tadi Masukkan kangkung, ebi, gula, garam dan air secukupnya. tambahkan potongan  tomatnya, tunggu hingga layu dan tuangkan di piring saji.

Wowww .... aromanya sungguh menggugah selera, inilah resep khusus dari Mak saya. Tumis kangkung tadi langsung saya santap dengan sambal terasi plus nasi jagung. Nah itu tadi menu spesial ala wong Ndeso tapi sangat laku di perkotaan. Setelah saya merasakan hasil jerih payah memasak tadi pagi, ternyata ndak kalah rasanya dengan para master cheef Internasional. 



Selamat mencoba dan monggo diminum kopinya !!!

No comments:

Post a Comment