Monday, March 18, 2013

Mau Taubat Kok Susah Amat Yah ?

Bismillahirrahmanirrahim.

Sebagai manusia pasti tidak lepas dari khilaf, baik berupa khilaf kecil ataupun besar. Nah disini orang yang pernah melakukan khilaf (termasuk saya) pasti pernah berfikir dan berkeinginan untuk kembali ke jalan yang benar atau biasanya disebut Taubat. Berusaha sejak dini untuk melakukan taubat adalah hal terbaik untuk memperbaiki akhlak. Di dalam melakukan usaha untuk bertaubat kiranya ada beberapa hal yang harus di perhatikan. 

Berikut tips bertaubat agar di terima oleh Tuhan :

Ada dua kewajiban yang harus dilakukan sebelum bertaubat, yaitu:
1. Mengenali dosa yang akan di tinggalkan
2. Meyakini bahwa dosa dapat dihilangkan dengan cara taubat

Sedangkan rukun-rukun bertaubat ada empat, antara lain:
1. Ilmu ( tentang cara bertaubat menurut As Sunnah)
2. Penyesalan
3. Tekat kuat
4. Meninggalkan perbuatan dosa

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS. Al Baqarah: 222).

Kembali dari kemaksiatan menuju ketaatan wajib dibangun dari di atas landasan keimanan, dan kembalinya hamba dari kesibukan-kesibukan yang melalaikan kepada Allah Swt dan dari yang baik menuju yang lebih baik lagi. Hal ini termasuk merupakan taubat dan jalan kembali menuju kebenaran. 

Di antara keutamaan orang-orang yang bertaubat adalah: Allah SWT menugaskan para malaikat muqarrabin untuk beristighfar bagi mereka serta berdo'a kepada Allah SWT agar Allah SWT menyelamatkan mereka dari azab neraka. Serta memasukkan mereka ke dalam surga. Dan menyelamatkan mereka dari keburukan. Mereka memikirkan urusan mereka di dunia, sedangkan para malaikat sibuk dengan mereka di langit. 

"Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar: 53)

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment