Sunday, April 28, 2013

Melatih Diri Dengan Budi Pekerti dan Akhlak Mulia

Assalamu'alaikum.

Kata Adab adalah kosa-kata bahasa arab yang berasal dari (Adab – Ya’dubu) yang berarti mengundang atau mengajak. Nah dinamakan adab karena ia mengajak manusia kepada perbuatan yang terpuji dan mencegah dari perbuatan yang keji. Adab adalah melatih diri dengan budi pekerti dan akhlak yang mulia. Jika pendidikan lahir dan bathin seorang hamba terlatih, dia akan menjadi manusia yang mempunyai akhlak mulia. Barang siapa membiasakan dirinya dengan adab-adab sunnah maka Allah SWT menerangi hatinya dengan cahaya kemuliaan.  Tidak ada tingkatan yang lebih mulia daripada mengikuti perintah, perbuatan, dan akhlak Kekasih Allah SWT yakni Baginda Rasulullah Salallahu "Alaihi Wassalam

Hubungan Allah SWT dengan hambaNya terletak dalam tiga hal :
1. Memohon pertolongan
2. Kesungguhan Hamba
3. Adab

Hamba mengajukan permohonan pertolongan, dan Allah SWT memberikan pertolongan atas taubatnya. Hamba bersunguh-sungguh, maka Allah SWT memberikan Taufiq. Hamba yang beradab maka Allah SWT akan memberikan kemuliaan. Barang siapa beradab dengan adab orang-orang yang shaleh, dia layak mendapatkan kemuliaan dan barang siapa menjauhi adab berarti dia menjauhi semua kebaikan. 

Kebanyakan adab orang-orang pilihan adalah sebagai berikut:
1. Menyucikan hati
2. Menjaga rahasia
3. Menepati janji
4. Memelihara waktu
5. Dzikurullah


"Tidak ada sesuatupun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat dibanding akhlaq yang baik, dan sesungguhnya Allah murka kepada orang yang keji dan jelek (akhlaqnya)". [Hadits Riwayat Tirmidzi).

No comments:

Post a Comment