Thursday, April 25, 2013

Sholawat ASOLOLE, Yang Betul Sholawat Nabi Muhammad Saw

Assalamu'alaikum.

"Sholawat ASOLOLE, Bukan Sholawat Nabi Muhammad Saw". Perkembangan  musik yang disertai pesatnya tekhnologi terbaru, akan menghasilkan karya sangat indah didengarkan. Apabila kita mengaku sebagai warga Negara Indonesia, maka kita juga harus menerima keberagamannya. Sehingga musik modern bisa dikelompokkan menurut jaman dan gaya musiknya. Di tanah air banyak sekali ragam musik yang kita jumpai. 

Jaman boleh berubah, musik boleh di kolaborasi, tapi ada baiknya musik tersebut masih dalam thema yang jelas. Banyak sekali para musisi ingin mencari keuntungan dengan menerapkan aliran musik yang berbeda dengan yang lain. Namun sangat kita sayangkan jika memberikan thema musik itu hanya sebagai mesin pencari uang saja tanpa melihat makna yang yang sebenarnya, apalagi kalau ada kaitannya dengan sebuah "Penghormatan Kepada Nabi". 

Saya sangat terkejut ketika ingin mengoleksi Mp3 sholawat nabi, dari halaman Google terbaca "SHOLAWAT ASOLOLEY". Dan anda dengan mudah mencari di Youtube dengan kata kunci Sholawat Asolole. Seperti inikah cara ummat islam menghormati Nabi Muhammad Saw

Coba kita simak, menurut pakar tafsir termasuk Ibnu Abbas,arti kata "shalat"(baca shalawat) bila datang dari Allah adalah limpahan rahmat dan ridhaNya,dan apabila dari malaikat adalah memohonkan ampunan,dan apabila dari manusia adalah do'a utk mendapatkan rahmat. Sedangkan arti kata"salam" kepad Nabi adalah penghormatan secara Islami dan menampakkan kemulian sang Nabi dgn cara mengikuti ajarannya.Menurut Abul-Aliyah arti shalawat Allah kpd Nabi adalah Allah memuji sang Nabi dihadapan para malaikatNya. Sedangkan apabila dari manusia adalah do'a.

Sedangkan kata "Asolole" di ambil dari Kamuslang.com dan ciricara.com:
# Ass Hole dan Serapan dari Bahasa Inggris "ASSHOLE" yang berarti lobang p*nt*t yang juga merupakan kata umpatan atau makian dalam Bahasa Inggris. 
# Berarti anjing kamu le (le=panggilan untuk anak laki dalam bahasa Jawa).
# cewek cantik, bahenol, montok
# Asal Loe Lega
#Asli Loe Lebay


Bukan hanya itu saja yang saya dapatkan arti dari "Asolole", kawan-kawan bisa search di Google untuk mendapatkan banyak arti kata tersebut. Dari arti kata Sholawat dan Asololey yang sudah saya uraikan diatas, jika saya gabungkan SHOLAWAT ASOLOLE  kira-kira apa...????? 

Sekali lagi apakah pantas penggabungan dua kalimat tersebut di tujukan kepada Nabi Muhammad Saw ???

Dari Abu Mas'ud bahwa Basyir Ibnu Sa'ad bertanya: Wahai Rasulullah, Allah memerintahkan kepada kami untuk bersholawat padamu, bagaimanakah cara kami bersholawat padamu? beliau diam kemudian bersabda: "Ucapkanlah: (artinya = Ya Allah limpahkanlah rahmat atas Muhammad dan keluarganya sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat atas Ibrahim. Berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkati Ibrahim. Di seluruh alam ini Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung), kemudian salam sebagaimana yang telah kamu ketahui." HR-Muslim. 

Alangkah bijak jika memakai kata-kata yang lebih indah, apalagi kata Sholawat ini sangat rentan di dalam agama Islam. Mungkin teman-teman mempunyai sudut pandang yang berbeda dengan saya, untuk itu mohon koreksi jika saya khilaf dalam menulis artikel "Sholawat ASOLOLE, Bukan Sholawat Nabi Muhammad Saw". Mudah-mudah bermanfaat.

No comments:

Post a Comment