Friday, February 8, 2013

Valentine Days Hari Kasih Sayang Yang "Keblinger"


Bismillahirrahmanirrahim

14 Pebruari merupakan moment yang ditunggu-tunggu bagi para Remaja, khususnya para Anak Baru Gede (ABG).  Hari itu  merupakan hari yang sangat istimewa untuk mengungkapkan kasih sayang kepada pasangannya. Di perbagai negara tradisi ini sudah berjalan ratusan tahun yang lalu dengan kemeriahan yang digelar di beberapa tempat. Tak hanya dari kalangan remaja, bahkan yang sudah berkeluarga pun larut dalam perayaan yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 14 Pebruari itu.

Dengan mengatas namakan "CINTA" tradisi ini menjalar di Indonesia. Bahkan ada toko khusus yang menyediakan assesoris seperti bunga, boneka, bross, sepatu, tas dan masih banyak lagi produk-produk yang bernuansa Valentine Days. Pada umumnya mereka mengucapkan " Selamat hari valentine " kepada pasangannya melalui BBM, inbox FB dan kartu ucapan.  Bahkan ada juga yang mencurahkan isi hati dan mengungkapkan cintanya secara langsung. 

Sejarah Valentine Days sendiri memiliki banyak versi, tapi disini saya tidak membahas asal mula Valentine Days, tetapi apakah layak kita yang beragama Islam turut merayakannya pula ?. Di dalam salah satu Hadits  Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut." (H.R. Tirmidzi)

Lalu seperti apa kasih sayang dalam agama Islam? maka saya jawab seperti ini : Firman Allah swt.: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menjadikan kamu dari seorang laki-laki dan seorang wanita, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Sesungguhnya orang mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal." (Q.S. al-Hujurat:13). 

Kasih sayang dalam Islam terhadap sesama tidaklah terbatas dengan waktu dan dimanapun berada, baik untuk keluarga, kerabat, dan sahabat yang semuanya masih dalam koridor-koridor agama Islam itu sendiri. Nabi Saw., bersabda : "Cintailah manusia seperti kamu mencintai dirimu sendiri." (H.R. Bukhari). Islam sangat melarang keras untuk saling membenci dan bermusuhan, namun sangat menjunjung tinggi akan arti kasih sayang terhadap umat manusia. Rasulullah saw. bersabda : "Janganlah kamu saling membenci, berdengki-dengkian, saling berpalingan, dan jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Juga tidak dibolehkan seorang muslim meninggalkan (tidak bertegur sapa) terhadap sudaranya lewat tiga hari" HR. Muslim.

Hari Valentine sangat populer di negara-negara Eropa dan Amerika. Pada hari itu terutama kaum remaja merayakan dengan hura-hura. Mereka datang ke pesta-pesta, berdansa semalam suntuk, saling memberi hadiah coklat, dan kegiatan-kegiatan yang berbau maksiat lainnya. Bahkan hal-hal yang hanya boleh dikerjakan oleh pasangan suami-istri juga mereka lakukan.  (Naudzubillah min dzalik). Makanya Islam melarang kerang tentang pacaran. !!! Anda bisa membaca artikelnya disini. Dan bagaimana perilaku anak muda di Indonesia ...??? 

Kasih sayang diwujudkan dalam bentuk yang nyata seperti silaturahmi, menjenguk yang sakit, meringankan beban tetangga yang sedang ditinpa musibah, mendamaikan orang yang berselisih, mengajak kepada kebenaran (amar ma'ruf) dan mencegah dari perbuatan munkar. Sudah saatnya pemuda Islam sadar dari keterpurukan dan bangkit menyongsong masa depan yang sudah diajarkan oleh Agama Islam. Kalau tidak sekarang,terus kapan? kalau bukan kita, lantas siapa....?.

Untuk itu pendidikan akhlak sangat penting dalam pembinaan generasi muda, khususnya para remaja islam. Bangsa ini kelak bergantung kepada kita sebagai generasi penerus bangsa, jika moral generasi muda sudah hancur, mampukah Bangsa ini menjadi bangsa yang besar ?

** "Cintailah kekasihmu (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu disuatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu di suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu."**

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment